Ini Dia Simbol Rahasia Dibalik Bendera-Bendera Dunia


INI SERIUS – Setiap negara pasti  memiliki bendera, di mana bendera tersebut memiliki simbol atau arti yang tersembunyi untuk menggambarkan negara tersebut.
Simbol bendera di setiap negara pastinya tidak dipublikasikan. Namun, sebagian negara simbolnya bisa terbaca dengan mudah sehingga banyak orang yang bisa mengetahui simbol bendera tersebut.
Seperti ke sepuluh bendera-bendera di dunia ini yang simbol rahasianya bisa diketahui. Negara mana saja itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.
1. Australia

Bendera Australia dibuat pada tahun 1901. Bendera Australia ini secara jelas memiliki hubungan dengan bendera Inggris, karena Union Jack ditambahkan pada bendera Australia. Sedangkan warna latar belakangnya yaitu biru menjadi warna yang biasa bagi negara-negara kolonial. Lalu ada simbol 7 bintang yang mengartikan sebagai perwakilan dari negara bagian.

2. Jerman

Bendera negara Jerman pertama kali dibuat pada tahun 1919. Warna merah, putih dan hitam sebagai dominasi militer Jerman. Artinya Jerman ingin menjauh dari makna militer atau asosiasi apa pun dengan Nazi.
3. Afrika Selatan

Setelah Afrika Selatan berubah menjadi negara demokrasi pada tahun 1994, tuntutan membuat bendera yang mewakili kesatuan pun diajukan. Terbuatlah bendera dengan menampilkan keberagaman sejati lewat warna bendera.
Untuk mengakui belanda, warna oranye dan merah menjadi simbolnya. Sedangkan Inggris setengah dari Union Jack, biru dan merah. Dengan begitu tersembunyilah makna penekanan terhadap kesatuan, tapi juga dengan keberagaman.
4. Brasil

Bendera negara Brasil dibuat dengan memiliki 26 bintang untuk mewakili negara bagian dan distrik federal. Tapi,semua bintang-bintang itu ditempatkan berdasarkan rasi bintang langit malam di Rio di Jeneiro pada 15 November 1889. Bintang-bintangnya pun dibuat terbalik seperti pandangan seseorang ketika melihat Rio dari angkasa.

5. Grenada

Setiap warna di bendera Grenada juga memiliki arti yang tersembunyi. Warna merah berarti kuat, emas berarti bijak, dan 7 bintang mewaliki parokinya, dan hijau berarti simbol dari tanaman yang subur. Lalu, ada simbol kecil di sebelah kiri. Simbol itu menggambarkan pala dan juga reputasi negara itu sebagai surganya rempah-rempah.

6. China

Warna merah di bendera China bukan mengartikan sebagai kekuatan tetapi sebagai komunisme dan jiwa revolusi. Lalu, ada bintang besar yang dikelilingi 4 bintang kecil yang merupakan lambang kesatuan di bawah Partai Komunis. Dan 4 bintang melambangkan kelas tradisional di China.

7. India

Lingkaran biru tua Ashoka Chakra  pada bendera India mengartikan sebagai Roda Hukum dan juga mewakili 24 jam dalam sehari serta pengetahuan tentang agama Hindu. Warna oranye mewakili keberanian dan juga warna penting bagi umat Hindu, Buddha dan Jains.

8. Botswana

Bendera Botswana memiliki warna biru terang dengan garis putih dan hitam di tengahnya. Hitam dan putih itu mengartikan sebagai keselarasan dan warna itu mewakili sebagai baju nasional. Sedangkan biru mengartikan jika negara itu sangat bergantung dengan air.

9. Austria

Bendera Austria dibuat pada tahu 1084 sebagai simbol sejarah yang berdarah-darah. Bendera ini terinspirasi legenda Duke Leopold IV dari Austria dalam perang Salib. Dimana selama perang  terluka parah dan berdarah. Namun, darahnya sama sekali tak mengenai baju putihnya.
10. Korea Utara

Warna putih di bendera Korea Utara melambangkan sebagai kesucian dan warna biru sebagai perdamaian. Sedangkan warna merah diduga sebagai warna komunisme atau sosialisme dan bintang di tengahnya kemungkinan berarti sama.

Itulah dia rahasia dibalik simbol bendera di beberapa negara.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »