Lebih dekat dengan Aan Mansyur, Rangga yang lain di AAdC 2


Lebih dekat dengan Aan Mansyur, Rangga yang lain di AAdC 2
Siapakah Aan Mansyur?

CND - Antara Aan Mansyur sang penyair dan Nicholas Saputra sang aktor dua sosok yang berbeda.
Susah mencari persamaan fisik di antara mereka. Namun, bila tetap hendak dicari persamaannya: dua-duanya memerankan Rangga di Ada Apa dengan Cinta? (AAdC2yang siap edar akhir April nanti.
Lho, bukannya pemeran Rangga adalah Nicholas?

Ya, Nico, sapaan bagi Nicholas Saputra, kembali memerankan Rangga melanjutkan film pertama yang rilis 14 tahun silam. Namun, Aan juga menjadi Rangga di AAdC 2. Tidak muncul secara fisik, melainkan jiwanya mengisi sosok Rangga yang dimainkan Nico.
Hal itu dimungkinkan lantaran Aan yang menulis puisi-puisi di AAdC 2. Di film, ia menulis puisi atas nama Rangga.
Bagaimana awalnya Aan didapuk menuliskan puisi-puisinya untuk AAdC 2?
Kaget dan tak percaya, itu reaksi pertama Aan saat dipinang Mira Lesmana, produser AAdC 2 tepat setahun lalu, April 2015. Kala itu, Aan tengah di Yogyakarta, merilis buku barunya. Mira menghadiri acara itu. Mira diam-diam mengagumi karya Aan.
Tak pernah terlintas di benak Aan akan menggantikan Rako Prijanto, penulis puisi di AAdCpertama. Dan tanpa pikir panjang Aan menerima lamaran Mira menulis puisi di sekuelAAdC.
Kamis pekan kemarin, 14 April 2016, Aan kembali bertemu Mira. Kali ini bukan di Yogyakarta, melainkan di acara peluncuran novel AAdC pertama dan pembacaan puisi dari buku puisi terbaru Aan berjudul, Tak Ada New York Hari Ini di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.
Aan Mansyur.
© 2016 storibriti.com/Panji Diksana



Aan bercerita bagaimana kagetnya ia dilamar Mira menulis puisi Rangga. Sesekali, pria bertubuh kecil itu menyelipkan lelucon bak sedang stand-up comedy yang menggelitik tawa.
“Waktu itu ibaratnya dilamar Mbak Mira, dia bilang, ‘Mau tidak nulis puisi di AAdC 2?’. Wah, rasanya saya bahagia sekali tapi khawatir, ada rasa takut juga, ya teman-teman tahulah bagaimana dunia sastra. Seperti ada tamparan besar buat saya, karena AAdC pertama itu ibarat ada Chairil Anwar, di AAdC kedua ada Aan Mansyur,” ujar Aan dengan logat Makassar-nya.
“Bagaimanapun, saya merasa AAdC punya sumbangsih besar sekali. Mau orang akui atau tidak, AAdC punya peran besar banget membuat wajah puisi Indonesia sekarang. Jadi orang tiba-tiba baca puisi, anak-anak muda jadi suka puisi, bawa-bawa buku puisi, dan baca puisi. Terlibat di sini sekarang artinya membuat saya sebagai orang yang menulis puisi bisa lebih percaya,” lanjutnya.
Sejak pinangan itu, Aan harus menyelami karakter Rangga untuk membuat puisi. Pria kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu bisa dikatakan sebagai sosok lain dari Rangga selain si pemeran karakter fenomenal tersebut, Nicholas Saputra. Mengapa demikian?
Lantas siapa sebenarnya Aan Mansyur, sosok lain dari Rangga di AAdC 2?

Klik NEXT untuk tahu lebih jauh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »